Kabar Riau - Pohon Bisa Berumur Ribuan Tahun

Pohon Bisa Berumur Ribuan Tahun

Pimred
Share :
pohon-bisa-berumur-ribuan-tahun

Penelitian telah membuktikan bahwa umur 100 tahun bukanlah batas usia paling tinggi bagi suatu makhluk hidup.

Manusia sendiri tercatat beberapa kali menembus usia satu dekade. Violet Brown, perempuan asal Jamaika, saat tercatat sebagai manusia tertua yang masih hidup dengan usia 117 tahun. Namun pemegang rekor makhluk hidup tertua di dunia saat ini tentu saja bukan Brown atau kura-kura.

Adalah kelompok pepohonan yang terbukti mampu hidup jauh melebihi makhluk lain di muka planet. Ahli kehutanan Tony Kirkham memastikan bahwa pohon lebih berumur panjang ketimbang hewan. Ada sejumlah cara untuk membuktikannya.

"Pertama, kita bisa melihat catatan sebelumnya untuk mengetahui apakah ada sebuah pohon yang tumbuh di waktu ditentukan. Lalu kita tengok lukisan dan karya seni untuk memastikan kehadiran pohon itu," ujar Kirkham seperti dimuat oleh BBC, Senin (12/6/2017).

Dari sekian pohon berusia panjang itu, adalah pohon pinus Great Basin yang tercatat sebagai makhluk hidup tertua di dunia. Pohon pinus yang terletak di White Mountains, California, Amerika Serikat, itu diketahui telah hidup selama 5.062 tahun.

Dengan usia seperti itu, pohon pinus bernama latin Pinus longaeva ini berarti sudah hidup semenjak kerajaan Romawi bangkit hingga runtuh. Pohon ini pun tegak berdiri sejak bangsa Mesir baru mulai membangun piramida.

Selain pohon pinus tak bernama itu, sebenarnya masih ada pohon lain bernama "Pando" yang juga berusia sekitar 5.000-an tahun. Namun usia pohon ini sulit diidentifikasi karena pohon ini lebih menyerupai sebuah hutan.

Dengan 50 ribu lebih dahan yang mirip pohon tunggal, Pando punya luas seukuran Kota Vatikan. "Ada beragam perkiraan namun pohon aslinya dipastikan sudah tidak ada," ujar Prof Karen Mock dari Utah State University.

Ketiadaan pohon inti itu memusnahkan harapan peneliti untuk mengetahui usia asli Pando. Dengan keadaan seperti sekarang, para peneliti hanya bisa menebak usia Pando di kisaran ribuan hingga 80.000 ribu tahun.

Selain tumbuhan, ada pula organisme yang diperkirakan berusia sangat panjang seperti kura-kura Galapagos dan bunga karang kaca di lautan Antartika. Bahkan nama kedua diperkirakan sudah hidup selama 15.000 tahun.

Kendati begitu, para peneliti sepakat bahwa pohon pinus tak bernama di California tadi sebagai spesies tertua yang masih hidup sampai sekarang. Menurut mereka, baik usia Pando maupun usia bunga karang kaca Antartika masih berupa tebakan. Sementara pohon pinus tadi sudah terbukti secara ilmiah hidup selama 5.062 tahun di muka Bumi.


Berita Terkait

Komentar Via Facebok :